Administrasi Kepala Sekolah SD Lengkap Sesuai Petunjuk Teknis

Administrasi kepala sekolah SD merupakan sebuah perlengkapan kegiatan menunaikan kewajiban sebagai pejabat kepala sekolah. Sang pimpinan pada suatu institusi apapun, entah pendidikan maupun kantor-kantor lain, pastinya membutuhkan administrasi untuk mengukuhkan dan mempertanggungjawabkan tugasnya dalam bentuk berkas administrasi. Nah, kali ini gurukelas.id ingin berbagi mengenai, apa saja sih berkas administrasi kepala sekolah yang sesuai dengan standar yang terbaru.

Administrasi Kepala Sekolah SD Terlengkap!!

Mengenai administrasi yang sesuai dengan JUKNIS (Petunjuk Teknis), adalah suatu administrasi yang sudah disusun sedemikian rupa dan di sahkan oleh atasan yang berlaku. Dalam hal ini, contoh Administrasi kepala sekolah SD bisa kita lihat pada Juknis yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, untuk mengatur dan mengarahkan semua berkas yang akan dikerjakan oleh kepala sekolah. Administrasi kepala sekolah, tentunya berbeda dengan guru kelas, dan bagi Anda yang ingin mendapatkan contoh administrasi guru kelas bisa dapatkan DISINI

Baiklah, mari kita kembali ke Administrasi kepala sekolah SD, silakan bagi Bapak/Ibu kepala sekolah ambil kumpulan administrasi Anda dibawah;


Bagaimana cara mengambil file administrasi diatas? kok tidak bisa!! bisa.. coba melakukan dengan berulang kali. Kami menyimpan file administrasi kepala sekolah SD dengan sangat rapi dengan menggunakan layanan Google Drive.

Administrasi Kepala Sekolah SD Lengkap


Baca Juga!!
Demikian artikel kami tentang administrasi kepala sekolah ini. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan dampak positif untuk Anda kepala sekolah. Akhir kata terima kasih dan sukses selalu untuk Anda semua...............



INTERMEZZO!!

Sedikit berbagi Berbagai tugas yang harus dilakukan kepala sekolah

1. Membuat perencanaan

Perencanaan yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah, diantaranya adalah menyusun program tahunan sekolah, yang mencakup program pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, dan penyediaan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Perencanaan ini selanjutnya dituangkan dalam rencana tahunan sekolah yang dijabarkan dalam dua program semester.
  • Program pengajaran
  • Kesiswaan
  • Kepegawaian
  • Keuangan
  • Sarana dan prasarana


2. Kepala sekolah bertugas menyusun struktur organisasi sekolah

Organisasi memainkan peranan penting dalam fungsi administrasi karena merupakan tempat Pelaksanaan semua kegiatan administrasi. Selain itu, dilihat dari fungsinya organisasi juga menetapkan dan menyusun hubungan kerja seluruh anggota organisasi agar tidak terjadi tumpang tindih dalam melakukan tugasnya masing-masing. 

Penyusunan organisasi merupakan tanggungjawab kepala sekolah sebagai administrator pendidikan. Sebelumnya ditetapkan, penyusunan organisasi itu sebaiknya dibahas bersama-sama dengan seluruh anggota agar hasil yang diperoleh benar-benar merupakan kesepakatan bersama.

Selain menyusun struktur organisasi, kepala sekolah juga bertugas untuk mendelegasikan 
tugas-tugas dan wewenang kepada setiap anggota administrasi sekolah sesuai dengan struktur organisasi yang ada.

3. Kepala sekolah sebagai koordinator dalam organisasi sekolah

Koordinasi organisasi sekolah ini merupakan wewenang dari kepala sekolah. Dalam melakukan koordinasi ini sebaiknya juga kepala sekolah kerja sama dengan berbagai bagian dalam organisasi agar koordinasi yang dilakukan dapat menyelesaikan semua hambatan dan halangan yang ada.

4. Kepala sekolah mengatur kepegawaian dalam organisasi sekolah

Berbagai tugas yang berkenaan dengan kepegawaian sepenuhnya merupakan wewenang kepala sekolah. Dia memiliki wewenang untuk mengangkat pegawai, promosi, menempatkan, atau menerima pegawai baru. Pengelolaan kepegawaian ini akan berjalan dengan baik bila kepala sekolah memperhatikan kesinambungan antara pemberian tugas dan dengan kondisi dan kemampuan pelaksanaannya.

Subscribe to receive free email updates: