Berapa Gaji Guru Honorer Jika Sistem Full Day Diterapkan?

Perbincangan hangat tentang sistem pendidikan yang baru-baru ini menuai banyak kontroversi. Bukan hanya kurikulum saja yang masih ruwet, namun juga jam belajar yang baru baru ini sedang dibicarakan.

Berapa Gaji Guru Honorer
Image: Hilda Wibisono - Guru Honorer

Menteri pendidikan yang baru, menginginkan untuk diterapkannya sistem full day belajar, atau sehari penuh belajar untuk tingkat satuan SD ke atas.

Kontroversi dimulai dari membandingkan dengan jam belajar negara-negara lain. Di negara Finlandia contohnya, mereka hanya belajar 5 jam sehari di sekolah namun menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Pakar peneliti dan pemerhati anak, yang akrab di panggil kak Seto pun berujar, jika penerapan full day tidak lah tepat karena akan membuat anak stres.

Bukan hanya masalah itu saja yang kita bahas di atas. Masih banyak lagi permasalahan yang akan dihadapi jika sistem full day ini diterapkan. Antara lain adalah kesejahteraan guru honorer yang sampai saat ini masih jauh dari kata sejahtera.

Jika dan jika sistem full day ini jadi diterapkan berapakah gaji yang layak untuk honorer mengajar seharian karena tidak bisa mencari pekerjaan sampingan.

Pastinya diantara honorer tidak mungkin mencari nafkah menjadi pendidik saja, banyak yang menjalani profesi sampingan seusai mengajar. Jika begitu, sejahtera'kan dulu guru, baru sistem full day bisa dibicarakan.

Untuk estimasi gaji bisa Anda hitung ==> DISINI

Subscribe to receive free email updates: