Syarat Penerbitan NUPTK untuk Guru Kelas SD

NUPTK atau yang disebut juga Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Ke'pendidikan memang sangat penting, baik itu untuk pendidik maupun tenaga ke'pendidikan. Syarat penerbitan untuk guru kelas SD mungkin ada sebabnya dibedakan. Kenapa?

Bagaimana cara buatnya? khususnya untuk guru kelas SD, syarat penerbitan NUPTK untuk guru kelas SD sama dengan yang lain. Yang membedakan hanya instansi'nya saja yaitu negeri dan swasta.

Pada tahun 2016, syarat mendapatkan NUPTK untuk guru honorer maupun PNS dilingkungan Sekolah Dasar bisa dilihat seperti dibawah :

Syarat Penerbitan NUPTK untuk Guru Kelas SD
  1. Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA,  SMK, PLB
  2. Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal (KB/TPA/SPS,PKBM/TBM,  Kursus, dan UPT)
  3. Guru PNS/CPNS,Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS
  4. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS dan bukan PNS
  5. S-1/D4 dari  LPTK/PTN yang memiliki  prodi  terakreditasi   atau  dari  LPTK /PTS  yang terakreditasi   Kopertis  setempat bagi guru dan tenaga  kependidikan  yang diangkat setelah Januari 2006
  6. Guru  dan  tenaga  ke'pendidikan  yang aktif  dalam  dapodik   Dikdasmen  dan  Paud-Dikmas dengan ketentuan;
  • Belum memiliki  NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
  • Kandidat   guru   dan   tenaga   ke'pendidikan    penerima   NUPTK  melengkapi persyaratan  dengan me'mindai  (meng- upload)  dokumen  persyaratan  melalui aplikasi verval GTK.
Baca juga :

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan NUPTK, hendaknya pelajari dokumen-dokumen apa saja yang akan di upload di situs verval PTK. Silakan download dibawah berkas'nya.


berkas NUPTK

Subscribe to receive free email updates: