Informasi Sertifikasi Guru Tahun 2016

Kabar dan informasi Sertifikasi Guru 2016 kembali bergema. Disaat-saat tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi triwulan 1 tahun 2016 belum sepenuhnya selesai/keluar, informasi sertifikasi untuk guru baru pun dimulai. Sertifikasi guru tahun 2016 ini mengisyaratkan, bahwa kabar penghapusan sertifikasi tidaklah benar.

Jadwal pelaksanaan untuk sertifikasi guru 2016 pun belu juga keluar sepenuhnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, jika pelaksanaan sertifikasi guru pastinya dilalui dengan beberapa jalur.

Untuk sertifikasi 2016 sendiri, syarat dan ketentuan yang biasanya di dapat di laman resminya sergur.kemdiknas.go.id belum sepenuhnya dibuka. Namun kabar dari salah satu daerah, informasi sertifikasi 2016 guru bisa dilihat seperti berikut :
  1. Proses sertifikasi guru tahun 2016 menggunakan pola penilaian Portofolio (PF), Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dan Sertifikasi Guru Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG)
  2. Sertifikasi Pola PF dan PLPG hanya bisa diikuti guru yang mempunyai TMT pertama menjadi Guru paling akhir tanggal 30 Desember 2005. Sedangkan TMT menjadi gurunya mulai 1 Januari 2006 harus mengikuti pola SG-PPG.
  3. Sertifikasi guru tahun 2016 mensyaratkan nilai UKG yang dilaksanakan tahun 2015 dengan nilai minimal 55.
Sertifikasi Guru Tahun 2016

Untuk lebih jelas, Anda bisa mengambil surat edaran yang menjelaskan informasi tentang sertifikasi guru 2016 dibawah :

DOWNLOAD INFORMASI SURAT EDARAN

 >> Lampiran 1 <<
>> Lampiran 2 <<
>> Lampiran 3 <<
>> Lampiran 4 <<

Lalu bagaimana kabar dengan sertifikasi jalur PPGJ ? dalam hal ini belum di informasikan sepenuhnya, namun untuk lebih detail Anda bisa melihat alur penerimaan peserta dari jalur PPGJ dibawah :


Informasi lainnya berkaitan dengan sertifikasi guru 2016, mungkin tentang aneka tunjangan. Pada tahun 2016, kebijakan aneka tunjangan saat ini telah berubah. Untuk mengetahui perubahan tersebut silahkan baca dibawah :


Nah itulah sedikit informasi mengenai sertifikasi guru 2016 yang bisa Anda amati. Semoga bermanfaat untuk Anda...

Subscribe to receive free email updates: