Apakah UKG 2016 dan GPO Sebagai Syarat Kelayakan Mendapatkan Tunjangan 2017?

UKG atau Uji Kompetensi Guru yang diadakan setiap tahun oleh Kemdiknas telah memasuki babak-babak pelaksanaan pada November tahun 2016 ini. Banyak sekali para tenaga pendidik mulai mencari informasi tentang UKG 2016 yang tentunya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dari sekian banyak pendidik, tak lupa pula menanyakan. Untuk apa itu UKG ? Menurut informasi yang bisa Anda peroleh di UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan standar kompetensi sesuai bidang tugasnya dan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan sepanjang hayat. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Dari sisi hak, dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Jadi Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan untuk :
  • Pemetaan kompetensi pendidik.
  • Sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professional development).
  • Serta sebagai bagian dari proses penilaian kinerja untuk mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.
DOWNLOAD SYARAT PENERIMA TUNJANGAN TAHUN ANGGARAN 2017
>> DISINI <<

Semoga, melalui kegiatan Uji Kompetensi Guru ini akan dapat memperkuat tekad, semangat, dan usaha keras dari semua pihak untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi Generasi Indonesia Emas.

Subscribe to receive free email updates: