Kapan Operator Sekolah Akan Diakui Kemendikbud

Operator sekolah sebagai pegawai di sekolah yang mengurusi masalah dalam dunia pendataan, entah itu data sekolah, data PTK maupun data siswa ternyata belum secara pasti diakui keberadaanya. Namun seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya tugas operator sekolah dalam mengemban data online yang dibebankan, semakin itu pulalah Kemdikbud pada tahun 2016 berujar jika operator sekolah berperan sangat penting saat ini. Pada tahun 2016, seperti yang tertulis pada laman dikdas.kemdikbud.go.id berjudul Kebijakan Berbasis Dapodik, Operator Sekolah Berperan Penting.


Namun apakah keberadaan operator sekolah telah sepenuhnya diakui? Pada BAB IV Juknis BOS 2015 disebutkan :
  • (No.5) Kepala Sekolah menunjuk operator pendataan dengan menerbitkan surat tugas sebagai penanggung jawab di tingkat sekolah
  • (No.6) Tenaga operator sekolah memasukkan/meng-update data ke dalam aplikasi pendataaan yang telah disiapkan oleh Kemdikbud kemudian mengirim ke server Kemdikbud secara online
Disana tertulis nama tenaga operator sekolah, namun apakah itu sudah cukup membuktikan keberadaan operator sekolah sebagai pemegang data sekolah. Jika memang diakui sepenuhnya, kenapa hak kami, semisal tunjangan tidak diberikan, diadakan sampai saat ini. Seharusnya ops diberikan hak sama dengan pegawai tidak tetap lain, semisal GTT yang mendapatkan tunjangan fungsional. Jadi paslah jika ada tunjangan fungsional operator sekolah.

Terlepas dari itu, kami percaya dan yakin jika tahun-tahun mendatang entah itu tahun 2016 dan seterusnya, pemerintah akan memikirkan operator sekolah. Dengan itu pulalah, kami berjanji akan menjaga data sebaik mungkin, sevalid mungkin dan bekerja secara profesional demi terciptanya pendidikan yang bermutu. Walaupun tugas semakin menumpuk, ditambah dengan tugas dari Kementerian lain yang notabene bukan TUPOKSI operator sekolah.

Maaf, kami bukan mengeluh, namun kami sekedar menyampaikan, jika keberadaan kami memang sangat berperan penting seperti di laman Kemdikbud sendiri sampaikan. Kami terus berjuang bersama kawan-kawan guru untuk selalu bersama memajukan dunia pendidikan.

TETAP SEMANGAT PROFESIONAL DEMI KEVAKIDAN DATA
SALAM SATU DATA UNTUK INDONESIA RAYA