Bagaimana Proses Kelanjutan NUPTK dan NIPTK Pada Tahun 2016?

Setelah ditutupnya portal padamu negeri, proses pembuatan NUPTK kembali simpang siur. NUPTK sebagai nomor penting bagi tenaga pendidik yang notabene digunakan untuk memperoleh tunjangan, seperti tunjangan sertifikasi maupun tunjangan fungsional kini se'akan mati suri. 

Proses pembuatan NUPTK Tahun 2016 ini dikabarkan melalui program DAPODIK setelah Padamu Negeri resmi ditutup. Lalu bagaimana prosesnya?

Lalu bagaimana dengan NUPTK yang telah ter'cetak pada verval Padamu Negeri?

Saya dengar kabar langsung dari salah satu Operator di Kabupaten Kebumen yang tidak bisa saya sebutkan nama dan identitas'nya bahwa ada sesuatu yang baru dan program ini berlaku untuk semua guru dan tenaga ke'pendidikan di instansi Kementerian Pendidikan.

Kabar ini mungkin saya anggap sangat miris, kenapa? karena berhubungan dengan nasib dan kesejahteraan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan diseluruh Indonesia khususnya bagi mereka yang belum memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai).


Proses Kelanjutan NUPTK dan NIPTK
Gambar:  http://sdn-tambaharjo.blogspot.co.id

Diklat kemarin di salah satu kota besar di Jawa Tengah akan diadakan program baru yaitu perubahan NUPTK dan NIPTK khusus diperuntukkan bagi siapa?

Saya sendiri sudah memiliki NUPTK, dan sudah pernah mencairkan beberapa kali mengenai Beasiswa S1, dan dikatakan sangat beruntung karena sudah memiliki NUPTK daripada Peg-Id.

Karena Peg-Id sendiri belum jelas karena manfaatnya yang belum nampak jika menggunakan Peg-Id terutama dalam hal Tunjangan Sertifikasi, Fungsional, dan S1 serta tunjangan lain yang menggunakan NUPTK.

Berikut yang dapat saya rangkum mengenai isu yang beredar saat ini mengenai NUPTK dan NIPTK:
  1. Untuk NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) nantinya akan diganti menjadi NIPTK (Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan hanya bisa digunakan oleh PNS saja dan bagi mereka yang mengabdi atau disebut GTT (Guru Tidak Tetap)/Guru Honorer yang mengajar di Instansi Negeri akan diganti/dihapuskan.
  2. NUPTK bagi guru Swasta atau tidak mengajar di Sekolah Negeri masih bisa menggunakan NUPTK untuk pencairan Sertifikasi dll.
  3. Bagi GTT di Instansi Negeri NUPTK nya akan diganti/dihapus dan kemungkinan juga akan menggunakan Peg-Id.

Bagaimana menurut anda?

Ini masih isu, semoga saja tidak jadi dilaksanakan, namun isu ini saya dengar langsung dari Operator Dinas dan disampaikan ke Kepala Dinas setempat.

Terima kasih
Jangan ambil mentahnya, tapi minimal kita tahu kabar yang beredar saat ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga pemprosesan pembuatan NUPTK dapat berjalan lancar, tanpa embel-embel negatif dari pihak manapun dan oleh siapapun demi kepentingan yang berhak.

Source of: sdn-tambaharjo.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates: